Wednesday, December 21, 2016

AKUNTANSI BIAYA

Pengertian Akuntansi Biaya Akuntansi biaya adalah proses pengidentifikasian, pencatatan, penghitungan, peringkasan, pengevaluasian dan pelaporan biaya pokok suatu produk baik barang maupun jasa dengan metode dan sistem tertentu sehingga pihak manajemen perusahaan dapat mengambil keputusan bisnis secara efektif dan efisien. Perbedaan Akuntansi Biaya dan Akuntansi Keuangan Akuntansi Biaya : berguna untuk menghitung biaya suatu produk yang mengandung unsur bahan baku, upah langsung dan overhead pabrik (biaya fabrikase) Akuntansi keuangan : mengarah pada proses penyusunan laporan keuangan yang akan diberikan pada pemilik perusahaan Perbedaan akuntansi biaya dan Akuntansi Manajemen Akuntansi Biaya : memusatkan pada akumulasi biaya, penilaian persediaan dan perhitungan serta penetapan harga pokok suatu produk, hanya menekankan pada sisi biaya Akuntansi Manajemen : menekankan pada penggunaan data akuntansi untuk pengambilan keputusan bisnis, menekankan pada aspek pengendalian manajemen atas biaya Tujuan Akuntansi Biaya 1. Penentuan HPP : mencatat, menggolongkan dan meringkas biaya pembuatan produk 2. Menyediakan informasi biaya untuk kepentingan manajemen : biaya sebagai ukuran efisiensi 3. Alat Perencanaan : perencanaan bisnis pasti berkaitan dengan penghasilan dan biaya, Perencanaan biaya akan memudahkan dalam pengendalian biaya 4. Pengendalian biaya : membandingkan biaya yang seharusnya dikeluarkan untuk memproduksi satu satuan produk dengan biaya yang sesungguhnya terjadi 5. Memperkenalkan berbagai metode : berbagai macam metode dalam Akbi dapat dipilih sesuai dengan kepentingan yang diperlukan dengan hasil yang paling efektif dan efisien 6. Pengambilan keputusan khusus : sebagai alat manajemen dalam mengawasi dan merekam transaksi biaya secara sistematis dan menyajikan informasi biaya dalam bentuk laporan biaya. 7. Menghitung Laba perusahaan pada periode tertentu : untuk mengetahui laba maka diperlukan biaya yang dikeluarkan, biaya merupakan salah satu komponen dalam laba 8. Menghitung dan menganalisis terjadinya ketidakefektifan dan ketidakefisienan : membahas batas maksimum yang harus diperhatikan dalam menetapkan biaya suatu produk, menganalisis dan menentukan solusi terbaik jika ada perbedaan antara batas maksimum tersebut dengan yang sesungguhnya terjadi.Fungsi Akuntansi Biaya 1. Melakukan perhitungan dan pelaporan biaya (harga) pokok suatu produk 2. Memperinci biaya (harga) pokok produk pada segenap unsurnya 3. Memberikan informasi dasar untuk membuat perencanaan biaya dan beban 4. Memberikan data bagi proses penyusunan anggaran 5. Memberikan informasi biaya bagi manajemen guna dipakai di dalam pengendalian manajemenManfaat Dari Biaya 1. Perencanaan : Penetapan di awal atas aktivitas yang akan dilaksanakan dikemudian hari 2. Pengawasan : Perbandingan dan evaluasi yang berkelanjutan antara pelaksanaan dan pengawasan, untuk mengetahui seberapa jauh hasil yang telah dicapai manajemen perusahaan 3. Pengukuran penghasilan (income measurement) : Akumulasi dan alokasi data biaya diperlukan dalam menyiapkan laporan keuangan perusahaan dan penetapan penghasilan periodik. (Data HP Produksi, HP Penjualan dan total penjualan) 4. Pengambilan keputusan bisnis : melibatkan pilihan serangkaian alternatif, keputusan bisnis yang memegang kunci strategis (kep. Penetapan harga popoko dan keputusan investasi) Pengertian Cost dan Beban Cost : manfaat yang dikorbankan untuk memperoleh barang dan jasa Beban : Biaya yang telah memberikan suatu manfaat dan sekarang telah berakhir (expired) Hubungan Cost daan beban Cost : bisa berfungsi sebagai aktiva yang dapat digunakan di masa yad. Atau sebagai beban perusahaan yang akan dipertandingkan dengan pendapatan di mana kedua karakteristik tersebut bisa terjadi secara bersamaan atau berurutan. Jika perusahaan membeli barang maka akan dicatat sebagai aktiva, Jika perusahaan menjual barang maka akan dicatat sebagai harga pokok penjualan (cost of goods sold) di mana barang yang dijual umumnya dalam waktu yang relatif singkat maka disini cost juga menjadi beban yang akan dipertandingkan dengan pendapatan perusahaan Perubahan Cost menjadi Biaya Melalui proses transaksi : Pembelian dan Penjualan Melalui proses waktu : Unexpired dan Expired, Misal Depresiasi Melalui proses peristiwa (kejadian) : misal kecelakaan atau bencana

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment

 
Copyright © - Proudly powered by Blogger